Nilai IQ Tinggi Belum Tentu Bisa Disebut Cerdas

4 11 2012

Kecerdasan dan IQ

Albert Einstein

Kecerdasan seseorang sering kali di ukur dengan tinggi atau rendahnya IQ seseorang. Mengapa demikian, kebanyakan alasan menyatakan bahwa pengukuran kecerdasan hanya sering di definisikan dalam cakupupan kepitaran akademik saja.

Sebenarnya kecerdasan terbagi atas banyak hal yang tidak terbatas, oleh sebab itu ada pernyataan bahwa semua manusia adalah pintar, semua manusia adalah cerdas, semua manusia adalah jenius.

Ada banyak jenis kecerdasan yang dimiliki manusia, contohnya kecerdasan akademik yang tolak ukurnya berupa jumlah serangkaian angka dari banyak jenis bidang ilmu, kecerdasan yang lainnya juga ada banyak lagi seperti kecerdasan dalam pendengaran seperti yang dimiliki oleh seorang musisi, seorang musisi bisa membaca nada hanya dengan mendengarkan suara dari nada itu, dengan cepat otak mereka bekerja dan menterjemahkan warna suara dalam bentuk nada yang indah.

Kecerdasan yang lainnya contohnya kecerdasan dalam penglihatan, hal ini seperti yang dimiliki oleh seorang pelukis, hanya dengan melihat sekilas sebuah pemandangan seorang pelukis bisa melukiskannya dengan tepat dan detil yang hampir 100% sempurna. Dan ada banyak lagi contoh kecerdasan yang dimiliki oleh manusia.

Dari sekian banyak kecerdasan, saya akan mencoba memaparkan tentang kecerdasan sosial, apa itu kecerdasan sosial?. Kecerdasan sosial adalah kecerdasan yang bisa diartikan sebagai kecerdasan seseorang dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Kecerdasan yang satu ini memang sering tidak diperhatikan karena tidak memiliki tolak ukur yang pasti.

Seseorang yang dikatakan memiliki IQ tinggi dari hasil tes IQ ternyata tidak semuanya bisa memiliki kecerdasan sosial. Contohnya, ada seorang anak yang memiliki IQ tinggi akan tetapi tidak berhasil dalam menjalin hubungan dengan orang-orang yang ada di sekitarnya, dari hal ini apakah anak yang memiliki IQ tinggi bisa di katakan cerdas dalam melakukan hubungan sosial, dan dengan kata lain anak itu tidak bisa di katakan cerdas dalam bersosial.

Malah ada kasus, seorang anak yang tidak memiliki nilai IQ tinggi, berhasil dalam menjalin hubungan sosial, dia dengan cerdasnya bisa memahami pola pikir orang lain sehingga banyak orang yang ingin bergaul dengannya dan anak seperti ini bisa dikatakan memiliki kecerdasan sosial.

Lepas dari pokok pembahasan kecerdasan sosial, saya akan memberikan sebuah contoh lain yang menurut saya sangat menarik dalam sebuah kesimpulan bahwa semua manusia itu adalah cerdas.

Contoh seorang anak disuruh memilih gambar yang mana diantara empat gambar yang ada, mana gambar yang tidak saling berhubungan, empat gambar itu adalah : Sepatu bola, Sarug tangan, Bola dan Helem balap. Seharusnya anak itu memilih Helem karena diatara empat gambar itu hanya Helem yang tidak ada hubungannya dengan sepak bola sedangkan tiga benda lainnya adalah perlengkapan dalam sepak bola. Akan tetapi anak tadi tidak memilih Helem, dia malah memilih Sarung tangan.

Dari kasus itu apakah anak itu bisa dikatakan tidak cerdas?. Secara teori hal itu bisa saja di katakan tidak cerdas, akan tetapi jika ditelusuri mengapa anak tadi memilih Sarung tangan maka akan ada hasil yang sangat mengejutkan. Karena saat ditanya pada anak tadi mengapa dia memilih Sarung tangan, ternyata alasannya adalah karena diantara empat benda tadi hanya sarung tangan yang memiliki warna Putih, tiga benda lainnya berwarna Biru. Bukankah ini adalah sebuah pemikiran yang sangat jenius bukan?. Menilai sesuatu dari sudut pandang yang berbeda yang terkadang tidak terpikirkan oleh orang-orang.

Otak dan pola pikir

Otak diciptakan untuk belajar dan menganalisa, untuk berpikir sehingga semua hal yang dilakukan oleh manusia berpusat pada otak, menciptakan pola pikir manusia tentang banyak hal yang sifatnya selalu berkembang.

Kebanyakan orang menggunakan otak mereka dengan cara yang salah, melakukan sesuatu dengan cara yang bertolak belakang dengan kerja otak. Contohnya saja belajar di sekolah, di sekolah otak di paksa menerima banyak pelajaran, hapalan, dan berbagai tugas yang sebenarnya tidak ingin orang-orang lakukan. Belajar di sekolah rasa bosan akan cepat muncul karena pola belajar yang diterapkan di sekolah sifatnya monoton.

Pembelajaran di sekolah sering kali hanya dalam bentuk mencatat, menghadapi banyak tulisan yang sulit diingat (karena otak menolak apa yang sedang dipelajari). Sebenarnya otak memerlukan sesuatu yang menyegarkan, sesuatu yang lebih berwarna sehingga otak tidak mudah lelah. Contohnya saja seorang anak lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermain video game daripada belajar dan mengerjakan PR mereka. Hal ini disebabkan karena video game lebih penuh dengan warna yang menyegarkan dan merangsang otak untuk terus berpikir, sedangkan belajar dan megerjakan PR, anak-anak lebih dihadapkan pada sekumpulan angka dan hurup yang berwarna hitam putih. Jadi warna juga berperan penting dalam merangsang otak sehingga pola pikir seseorang bisa bekerja dalam lingkup positif.

Ingatan manusia terprogram dalam sebuah batasan, jadi ingatan manusia itu memiliki batasan akhir, di mana ketika seorang siswa disuruh menghapal maka tidak mungkin semua yang harus dihapalnya bisa diingatnya dengan tepat. Lalu bagaimana cara agar seseorang bisa mudah dalam mengingat?.

Kunci dalam mengingat adalah layaknya bermain video game, seorang anak akan sangat cepat mengingat sebuah permaianan video game karena permainan video game itu sarat dengan berbagai gambar dan warna. Gambar adalah sebuah media yang bisa menyimpan banyak informasi, jutaan informasi bisa terekam dalam sebuah gambar, oleh sebab itu bahasa gambar lebih mudah dipahami. Contohnya jika seseorang meminta anda membayangkan sebuah Apple maka apa yang bisa anda bayangkan dengan kata itu. Apakah buah berwarna hijau atau merah yang manis atau malah sebuah telpon genggam atau komputer yang bermerek Apple, atau bisa juga hal lain yang berkaitan dengan benda itu. Dari satu kata saja anda sudah mendapatkan banyak informasi yang tanpa anda sadari ada banyak hal yang anda ketahui tetnang hal itu.

Layaknya pembelajaran pada saat TK dulu, anak-anak diajarkan dalam berbagai hal yang menyenangkan, seperti gambar, lagu dan banyak lagi hal lain yang penuh dengan kreatifitas. Hal-hal macam itu semuanya adalah hal yang bisa diterima oleh otak karena sifatnya menyenangkan.

Sekian dulu tulisan singkat dari saya, semoga apa yang saya paparkan di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.

10 manusia Dengan IQ Tertinggi Di Zaman Modern Ini

1. Kim Ung-Yong :

Manusia Ber-IQ Tertinggi di Dunia Lahir pada tahun 1962, Anak dari Korea ini dinobatkan sebagai manusia jenius di seluruh dunia. Bayangkan pada umur 4 tahun, dia sudah bisa membaca huruf Jepang, Korea, Jerman, Inggris. Pada umur 5 tahun ia mampu memacahkan masalah pada soal kalkulus. Ia mencatatkan dirinya pada Guinness Book of World Records dengan “Highest IQ” 210.

2. Gregory Smith :

Mendapatkan penghargaan Nobel pada Usia 12 lahir pada tahun 1990, Gregory Smith mencatatkan namanya pada nobel perdamaian. Berkat usahanya dalam mendirikan International Youth Advocates. Perkumpulan Orang muda seluruh dunia. Ia pernah bertemu langsung dengan Presiden Bush, dan juga Michael Gorbacev lho …

3. Akrit Jaswal :

Dokter bedah usia 7 tahun julukan “anak terpandai di dunia” telah melekat pada Akrit Jaswal, seoarang anak dari India . Ia mengejutkan Publik, ketika pada umur 7 tahun melakukan pembedahan pada seorang gadis lokal di tempatnya. Gadis itu menderita luka bakar di tangannya, hingga tangannya tidak dapat dibuka, dan jaswal pun melakukan pembedahan hingga jemari gadis itu bisa terbuka seperti sedia kala. Saat ini, ia tercatat sebagai dokter paling muda di dunia, ia diterima di Universitas pada usia 11 tahun.

4. Cleopatra Stratan :

Bocah Penyanyi Berusia 3 tahun dengan gaji 1000 € per lagu lahir Pada 6 Oktober 2002 di Chisinau. Ia adalah pencatat sejarah di Industri musik sebagai seorang penyanyi. Dengan albumnya tahun 2006 La vârsta de trei ani (“pada usia 3″). Dia
mencatat record seorang artis cilik yang tampil diatas panggung dengan ribuan penggemarnya. Dia juga menerima penghargaan MTV Award dalam Artis termuda yang mencetak #1 Hit

5. Aelita Andre :

Pelukis di usia 2 tahun, anak kelahiran Australia ini, baru berumur dua tahun sudah menunjukkan kualitasnya sebagai jenius, ia memiliki sebuah gedung pertunjukkan untuk karya-karya abstraknya. Pada mulanya Mark Jamieson, direktur dari Brunswick Street Gallery di Melbourne’s Fitzroy, tertarik melihat sebuah poto lukisan dari Aelita Andre, dan
dia menginginkannya
bergabung dalam grupnya karena bakat lukisannya itu. Ketika undangan telah dibuat, ia baru saja menyadari bahwa Aelita adalah anak yang masih berumur 22 bulan. Namun ia tetap melanjutkan pertunjukannya itu.

6. Saul Aaron Kripke :

Mengajar Havard saat Masih duduk di Bangku SMA. Lahir di New York dan tumbuh dewasa di Omaha di 1940. Jenius satu ini, saat kelas empat ia menguasai aljabar, saat akhir SD ia sudah bisa geometri, kalkulus dan filsafat. Saat SMU ia memperoleh surat dari Harvard agar melamar sebagai dosen, namun ibunya menyuruhnya untuk menamatkan sekolahnya dahulu. Kripke dihadiahi Schock Prize, Nobel Filosofi. Sekarang, ia dinobatkan sebagai ahli filsafat terbesar dalam sejarah.

7. Michael Kevin Keaulus :

Kuliah pada umur 10 tahun Kaerny, lahir tahun 1984, ia menyelesaikan kuliah pada umur 10 tahun dan tercatat sebagai
sarjana termuda. Ia mengajar universitas pada usia 17 tahun. Namanya semakin mencuat kala dia memenangkan sebuah kuis online. Pada 2006, dia mencapai final di tanda burnett/aol perebutan Gold Rush, permainan menguji/teka-teki, dan menjadi pemenang pertama 1 juta di permainan kenyataan online.

8. Fabiano Luigi Caruana :

Grandmaster pada usia 14. Seorang anak berwarga negara America dan Italia ini sungguh jenius. Pada tahun 2007 ia memperoleh Grandmasternya, 11 bulan, 20 hari. Sejarah telah mencatat namanya dalam Grandmaster termuda. Dan baru-baru ini pada bulan April 2009, ia memperoleh Elo rating 2649, dalam usianya yang dibawah 18 tahun, membuatnya sebagai pemeroleh ranking terbanyak, dan menakjubkan, hal itu dilakukannya sebelum usianya genap 18 tahun.

9. Willie Mosconi :

Pemain Bilyard Professional pada usia 6 tahun. Mendapat julukan “Tuan Pocket Billiards”. Dia berasal dari Philadelphia , Pennsylvania. Ayahnya seorang pemilik tempat Billyard, namun ayahnya tidak mengizinkannya main, ia sering berimprovisasi dengan gagang sapu milik ibunya. Ayahnya melihat bakat anaknya, ia sering mengalahkan orang-orang yang lebih tua darinya. Antara tahun 1941 dan 1957, dia memenangkan BCA World Championship selama 15 kali tanpa pernah kalah sekalipun. Ia membuat berbagai macam trik, membuat banyak rekor, dan membuat billyard menjadi olahraga yang terkenal.

10. Elaina Smith :

Penyiar Usia 7 tahun dalam usianya yang 7 tahun Elaina telah menjadi penyiar radio dengan pendengar yang melebihi umurnya. Elaina banyak memberikan solusi tentang percintaan kepada para pendengarnya. Bagaimana caranya memutuskan pacar, Bagaimana caranya untuk membina hubungan yang harmonis. Benar-benar gila.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: